Blog

Tips Mengenakan Baju Batik Agar Tampak Lebih Stylish

 

Seperti yang kita tahu bahwa batik merupakan salah satu hasil seni kebanggaan Indonesia. Sebagai warga Indonesia, kita memang patut berbangga hati karena memiliki hasil seni yang sangat indah dan tidak bisa ditemukan di negara mana pun. Karena sangat unik dan indah, maka tidak heran jika masyarakat dari mancanegara juga ikut mengakui keunikan dan keindahan kain seni asal Indonesia tersebut. Kini, kain batik telah populer di berbagai negara di dunia. Kain batik telah masuk ke kancah internasional sehingga semakin populer dan diminati oleh banyak orang. Jika dahulu menggunakan baju batik biasanya dilakukan hanya pada acara yang formal, maka kini baju batik bisa dipakai kapan saja. Jadi, tidak hanya dipakai untuk menghadiri acara-acara formal saja. Hal ini karena saat ini semakin banyak orang-orang Indonesia yang kreatif dalam menciptakan baju batik wanita dengan model yang lebih muda dan stylish.

Mengenal Jenis Kain Batik Nusantara

Jenis kain batik memang sangat beragam. Bahkan, masing-masing daerah di Indonesia memiliki corak khas batik tersendiri yang membedakan antara hasil kain batik dari daerah satu dengan daerah lainnya. Nah, beberapa jenis kain batik nusantara di antaranya adalah:

  • Batik Pekalongan

Salah satu jenis motif batik pekalongan yang sangat populer adalah motif tujuh rupa. Jenis motif batik ini menggambarkan suasana alam yang sangat kental, yaitu bergambar tumbuhan maupun hewan.

  • Batik Solo

Solo juga menjadi salah satu daerah penghasil kain batik yang sangat populer. Kain batik khas Solo memiliki ciri khas berupa warnanya yang lebih dominan cokelat serta memiliki motif yang sangat khas, yaitu berupa bunga dengan tambahan aksen lengkungan, garis, atau titik-titik yang sangat unik.

  • Batik Madura

Ciri khas motif batik Madura adalah sifatnya yang abstrak dan sederhana. Biasanya, motifnya juga diberi tambahan gambar tanaman, sehingga semakin indah dan unik dipandang. Salah satu motif batik Madura yang paling populer adalah motif gentongan. Motif ini biasanya didominasi oleh warna terang, yaitu hijau, kuning, ungu, dan merah.

Selain ketiga jenis kain batik tersebut, tentunya masih banyak sekali jenis kain batik nusantara lainnya. Beberapa di antaranya adalah kain batik Cirebon, batik Yogyakarta, batik Banten, batik Magetan, batik kawung Jawa Tengah, batik Tasik, dan masih banyak lainnya. Menggunakan baju batik sendiri sudah menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia dalam rangka mencintai dan melestarikan hasil seni yang sangat indah tersebut. Pada zaman modern ini, model baju batik wanita juga semakin beraneka ragam, sehingga akan membuat penampilan para wanita semakin stylish. Lalu, bagaimana tips untuk tampil lebih muda dan stylish saat menggunakan baju batik?

Tips Agar Lebih Muda Dan Stylish Dengan Baju Batik

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tampil lebih muda dan stylish saat menggunakan baju dari kain batik:

  1. Pilihlah baju batik dengan warna yang terang. Jika menggunakan kain batik dengan warna yang gelap, maka akan membuat kesan semakin tua. Jadi, cobalah memilih baju batik dengan warna-warna yang cerah, sehingga akan tampak lebih muda, cerah, dan berenergi.
  2. Pilih baju batik wanita dengan model yang mengikuti trend. Jangan menggunakan baju batik dengan model yang itu-itu saja. Carilah referensi mengenai model baju batik terkini yang sedang populer dan stylish.
  3. Koleksi beberapa baju batik dengan motif yang berbeda. Hal ini bertujuan agar kita bisa menyesuaikan motif dengan acara yang ingin dihadiri. Setiap motif baju batik memang dapat memberikan nuansa yang beda satu dengan lainnya. Saat ingin menghadiri acara kasual, maka Anda bisa memilih baju batik dengan motif yang lebih sederhana. Sementara itu, jika ingin hadir di acara formal, maka menggunakan baju batik dengan motif yang rumit merupakan pilihan yang tepat.
  4. Padukan batik wanita dengan atasan maupun bawahan polos. Hal ini bertujuan agar tidak memberikan kesan penuh pada tubuh. Dengan memadukan bersama atasan atau bawahan yang polos, maka akan lebih enak dilihat dan dapat memberikan kesan simpel serta cantik.
  5. Tambahkan aksesoris yang sesuai. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan belt pada baju batik model dress. Selain itu, bisa juga menggunakan kalung saat Anda menggunakan atasan yang simpel dan tidak banyak motif.

Saat menggunakan baju batik, maka kini kita tidak perlu takut lagi untuk terlihat tua. Dengan beberapa cara atau tips di atas, maka kita bisa tampil dengan gaya yang tampak muda dan stylish. Tips di atas bisa membuat penampilan kita semakin percaya diri saat menggunakan baju batik dalam berbagai acara. Jadi, pastikan bahwa Anda memiliki baju batik wanita dengan model yang beraneka ragam agar bisa digunakan sesuai dengan tema acara yang akan diselenggarakan.